Minggu, 13 Februari 2011

karekter ban

(artikel) Kenalin karakter ban

Ban mobil sebagai bagian yang menapak permukaan aspal memiliki usia operasional yang akan optimal jika diperhatikan dengan saksama. Untuk itu, sisihkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan ban-ban kendaraan Anda untuk beroperasi di jalan.

Seperti dikutip dari goodyear-indonesia.com, dengan terbiasa memerhatikan ban, Anda dapat memperpanjang usia ban sampai bertahun-tahun dan mendapatkan pengalaman berkendara yang aman bagi Anda ataupun keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pemeliharaan ban.

# Tekanan udara

Menjaga tekanan udara yang pas dalam ban adalah cara paling efektif untuk memelihara ban itu. Dalam tempo satu bulan saja, tekanan udara dalam ban dapat berkurang hingga lima kilo. Itulah sebabnya Anda harus teratur memeriksa tekanan udara ban-ban Anda. Ban-ban itu tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan tekanan udara.

Kekurangan tekanan ban (under-inflation) adalah musuh terbesar bagi ban Anda. Kondisi ini mempercepat tipisnya alur ban di bagian luar (bahu) ban. Selain itu, ban juga menjadi panas dan ketahanannya berkurang. Tidak kalah pentingnya adalah pemakaian BBM yang lebih boros karena ketahanan jalan lebih besar. Ban-ban yang kempis membuat mobil harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, kelebihan tekanan juga merusak ban.

# Imbang dan laras

Memastikan bahwa ban-ban Anda diimbangkan (balanced) dengan baik adalah penting bukan saja demi ketahanan ban, tetapi juga keselamatan pengemudi serta kinerja mobil.

Ban-ban yang tidak diimbangkan dengan baik akan menimbulkan getaran, yang pada gilirannya membuat pengemudi cepat lelah, ban yang cepat aus, dan suspensi yang cepat rusak.

Semua ban harus diimbangkan pada waktu pertama kali dipasang di velg atau setelah dipasang kembali setelah diperbaiki. Ban-ban ini juga harus diimbangkan kembali begitu ada tanda-tanda getaran. Walaupun tidak ada masalah, ban-ban tetap saja harus diimbangkan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

# Rotasi secara teratur

Berat kendaraan tidak dibagi rata pada semua ban. Oleh sebab itu, ban perlu dirotasi secara teratur agar tingkat keausan lebih merata dan usia ban dapat diperpanjang.

Ada beberapa cara merotasi ban. Rotasi yang umum adalah ban kiri belakang dipindahkan ke depan kanan, ban kanan belakang dipindahkan ke kiri depan dan kedua ban depan dipindahkan ke belakang tanpa disilang. Cara ini dikenal dengan pola "Silang yang dimodifikasi."

# Pemeriksaan visual


Sering hanya dibutuhkan pemeriksaan visual untuk menemukan masalah pada ban Anda. Setiap kali Anda mencek tekanan udara ban-ban Anda periksalah sekalian kondisi telapak ban.

Siapa tahu ada benda-benda tajam yang mungkin telah membocorkan ban-ban Anda. Kadang-kadang benda itu tidak sampai membuat ban Anda langsung kempis, retak, dan cekungan yang disebabkan oleh kebocoran-kebocoran kecil lambat laun akan merusak ban.

# Perbaikan

Anda perlu mengetahui kapan ban masih bisa diperbaiki dan kapan ban harus diganti. Kalau ban kehilangan tekanan udaranya, ban itu harus dikeluarkan dari velgnya untuk pemeriksaan bagian dalam secara lengkap untuk memastikan ban tersebut tidak rusak Ban-ban yang tetap digunakan dalam keadaan kempis, walaupun untuk jarak yang pendek, biasanya rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar